Kamis, 22 Maret 2012

Perbedaannya Virus, Malware, Spyware dan Adware

1 komentar


Semakin lama, setiap pengguna komputer harus semakin waspada terhadap berbagai ancaman yang bisa menimpa komputer. Hal tersebut bisa datang dari mana saja dan dengan berbagai cara. Walaupun, internet masih menjadi ancaman terbesar terhadap keamanan pengguna. Untuk itu kita harus memberi perhatian lebih terhadap akun-akun kita di berbagai situs di internet.
Berbicara mengenai berbagai ancama keamanan di internet, kita kadang menemukan istilahvirusmalwareadware dan juga spyware. Apa perbedaannya?
Melindungi komputer dari serangan virus sangatlah penting, tetapi bagaimana kita dapat melindunginya tanpa mengenal ‘musuh’ seperti apa yang kita hadapi?

Pengertian Malware

perbedaan virus malware spyware dan adware
Malware, singkatan dari Malicious Software, adalah program yang didesain untuk ‘mengganggu’ operasi komputer, mengumpulkan informasi-informasi sensitif, ataupun mengakses ke dalam sistem komputer tanpa izin. Walaupun pengertiannya adalah software / program, malware juga dapat berupa script atau kode.
Istilah malware secara umum digunakan untuk menggambarkan program atau kode yang dimaksudkan untuk mengeksploitasi komputer, atau data-data yang terdapat di dalamnya, tanpa persetujuan. Termasuk untuk menggambarkan program atau kode yang bersifat merusak, berbahaya dan mengganggu.
Dengan pengertian yang luas tersebut, maka virus komputer, spyware, adware, trojan, worm dan program-program jahat lainnya bisa dikatakan sebagai jenis-jenis dari malware.

Pengertian Spyware

Spyware adalah salah satu tipe malware yang diciptakan untuk spying alias memata-matai user. Karakter utamanya adalah mengumpulkan data/informasi, dan tentu saja tanpa seizin user.
Spyware umumnya memiliki dua tujuan atau target. Pertama, adalah berupa keylogger (keystroke logger) yang merekam key-key yang kita ketik pada keyboard. Ini sangat berbahaya, karena bisa mengakibatkan user kehilangan akun bank, kartu kredit, dan berbagai akun lainnya termasuk yang berada di dunia maya (email, social media, etc). Kedua, yaitu spyware yang ditujukan untuk merekam kebiasaan atau aktivitas user saat browsing di internet, dengan tujuan untuk menjual produk/menampilkan iklan yang tertarget (sesuai dengan profil user), sehingga mereka memiliki peluang lebih tinggi dalam penjualan produk tertentu.

Pengertian Adware

Adware (advertising-supported software) adalah salah satu tipe malware yang bersifat advertising. Seperti namanya, adware adalah setiap software yang mengandung iklan/otomatis memunculkan iklan. Iklan-iklan tersebut biasanya berupa pop-up, muncul pada saat kita melakukan instalasi, ataupun selalu ada pada user-interface program tersebut.
Adware sifatnya agak kurang berbahaya, dan sering berada pada berbagai program gratisan. Misalnya saja iklan-iklan yang terdapat pada Windows Live Messenger atau Yahoo! Messenger, itu adalah adware. Program-program offline yang kita download juga biasanya mengandung adware dan akan menampilkan iklan pada user-interface.

Pengertian Virus

Virus adalah program jahat yang bertujuan untuk membuat eror, kerusakan pada komputer, baik file, sistem, kinerja bahkan hingga hardware. Tidak seperti tipe malware lainnya, virus adalah program yang dapat ber-reproduksi di dalam komputer kita dan juga menular ke komputer-komputer lainnya melalui perpindahan file (via flasdisk, disk, etc) ataupun melalui internet.
Istilah ‘virus’ adalah istilah yang paling sering digunakan, walaupun penggunaannya kadang kurang tepat. Banyak orang yang menyebut malware, spyware, adware, worm, trojan dan progam jahat lainnya sebagai virus. Padahal virus adalah salah satu tipe dari malware ataumalicious sofware.

One Response so far

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

Leave a Reply