Pantai Menganti yang Tersembunyi

0 Comments
 
Gazebo di Bukit Menganti

Letaknya memang tersembunyi. Dibalik perbukitan. Dibalik tebing batuan purba bekas gunung berapi bawah laut. 

Menganti. Selalu dikaitkan dengan kata menanti atau menunggu. Sebuah nama yang tak lepas dari beberapa kisah yang telah menjadi legenda. Mulai dari kisah seorang Panglima perang dari kerajaan Majapahit yang menanti kedatangan kekasihnya. Sampai pada kisah legenda Wali Songo, Syeikh Maulana yang menanti temannya dan berlabuh di Goa Menganti.

Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Kebumen. Yang merupakan tempat pelelangan ikan dengan aktivitas jual beli hasil tangkapan laut. Terlihat banyak kapal nelayan yang bersandar disini. Di tempat tersendiri. 

Selain menjadi tempat pelelangan ikan, sebelumnya tempat ini juga menjadi tempat ziarah. Tepatnya di sebuah Goa yang dianggap sebagai petilasan Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik).

Sekarang Menganti telah dikelola secara swadaya oleh pemerintah desa setempat. Menjadi tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan yang indah dengan fasilitas pengunjung yang telah menunjangnya. 

Pantai dengan pasir putihnya. Goa-nya. Mercusuarnya. Aktivitas nelayannya. Dan perbukitan dengan gazebonya. Tempat menikmati laut lepasnya. Semua itu akan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk yang sendiri. Berdua. Atau bersama - sama. Dengan teman atau keluarganya.

Sunrise di Perbukitan Menganti

Perbukitan yang menghampar dari ujung ke ujung pantai ini menjadikan tempat yang tepat untuk menikmati terbitnya matahari. Tempat yang juga menyediakan camping ground di kawasan ini pun juga menyediakan beberapa homestay untuk yang ingin menikmati malam diiringi desiran ombak.

Menikmati sunrise di Camping Ground

Tempatnya di perbukitan. Dipadang rumput. Dari atas sini, kita bisa melihat lebih luas laut yang menghubungkan ke Samudera Hindia ini. 

Dipagi hari, kita akan melihat beberapa nelayan yang mulai dengan aktivitasnya. Melaut dengan perahu - perahu kecilnya. Berlomba mencari rezeki di laut yang menjadi pencahariannya setiap hari.

Indah sekali disini. Anginnya. Suara ombaknya. Suasananya.




You may also like

Tidak ada komentar: