Kerbau Mandi

0 Comments

 


Ini bukan kerbau yang dibukit merese itu. Yang pernah saya ajak foto bersama itu. Ini masih tentang kerbau, tapi bukan di Lombok lagi. Masih di Nusa Tenggara Barat, tapi dibagian pulau yang paling timur dari provinsi ini. Di pulau Sumbawa.

Kerbau memang suka berkubang di lumpur. Itu karena kerbau memiliki suhu panas yang tinggi pada tubuh besarnya. Warna tubuh yang gelap itu juga yang menjadikan tubuh kerbau mudah menyerap panas dari lingkungannya.

Suhu udara disini memang panas. Tapi tidak gersang. Disekitaran tempat berkubang kerbau ini banyak pepohonan rindang yang tidak begitu tinggi. Kubangan ini berada ditengah padang savana. Tidak jauh dari kubangan ini juga ada laut. Jadi padang savana ini berujung dibibir pantai. Savana ini sangat luas.

Nama savana ini Doro Ncanga. Di Sori Tatanga, Kec. Pekat. Kab. Dompu, NTB. Di kaki Gunung Tambora. Gunung Tambora yang memiliki kaldera yang sangat luas itu. 

Padang Savana ini dijadikan tempat untuk menggembalakan hewan ternak oleh warga sekitar. Selain kerbau yang suka berkubang dilumpur itu, di savana ini juga banyak sapi dan kuda. 


Kuda - kuda itu dilepas liarkan di padang savana yang sedang menghijau ini. Mereka akan digiring ke kandang disaat matahari akan terbenam. Tapi ada juga yang dibiarkan. 

Sumbawa memang terkenal dengan kudanya. Kuda Sumbawa. Kuda jenis poni yang memiliki badan yang kekar, gesit dan atletis. Biasa digunakan untuk mengangkut beban, alat transportasi dan berkuda. Tapi saya lebih familiar dengan susu kudanya. Susu kuda liar Sumbawa.


Saya berada di savana ini pagi menjelang siang. Tapi lihatlah sapi - sapi itu. Mereka sedang berteduh. Bukan dari hujan, tapi dari teriknya matahari yang menyengat. Mereka tidak suka berkubang dilumpur seperti kerbau - kerbau yang itu. Mereka lebih suka berteduh dibawah pohon. Sambil menikmati rerumputan.

Walaupun cuaca disini panas, tapi udara disini sangat sejuk. Hembusan angin dari pantai, dan semilir angin dari gunung Tambora. Paduan antara pantai dan gunung yang menjadikan savana ini bukan hanya tentang keindahan. Tapi kesejukan yang mendamaikan. 

Kerbaunya. Yang bukan hanya berkubang di lumpur. Ada sebagian juga yang memilih berendam di pantai. Kuda - kudanya. Yang sesekali saling berlarian, berkejar - kejaran. Dan Sapinya. Yang suka berteduh dibawah pohon itu.



Mereka yang mengajak saya berkunjung disavana yang sedang menghijau ini. Bukan hanya tentang Gunung Tamboranya.


You may also like

Tidak ada komentar: